Langsung ke konten utama

Memulai Menulis Anti Mogok

Nahdlatul Ula (NU)
Banyak orang yang saya temui mengaku sering mengalami kesulitan ketika memulai menulis. Mereka sering bingung memulai tulisan dari mana. Mereka mengaku tidak pandai menyusun kalimat yang enak, mudah dicerna dan gampang dipahami oleh pembaca.

Pada hal sebagian besar dari mereka mengaku memiliki bahan yang sangat banyak untuk ditulis. Punya stock ide yang melimpah untuk dibagikan kepada pembaca. Dan kaya pengalaman untuk dishare kepada teman-teman dan komunitasnya.

Merasa tidak mampu memulai tulisan dengan baik itulah yang sering membuat orang cepat putus asa dalam berlatih menulis. Mereka tidak percaya dengan tulisannya sendiri. Sampai pada akhirnya mencap diri sebagai orang yang tidak memiliki bakat atau keterampilan untuk menulis. Ia lalu berhenti menulis sampai disitu.

Menjawab persoalan itu saya sering mengatakan bahwa kebingungan dan kemacetan memulai termasuk meneruskan tulisan itu sering disebabkan oleh beberapa hal. Semuanya ada pada diri kita, bukan berasal dari luar diri kita.

PERTAMA, kita sering mengalami kebingungan memulai menulis karena kita menulis tema yang tidak kita ketahui dan kuasai. Pada hal menulis harus dimulai dengan menulis apa yang kita pikirkan bukan apa yang ada diluar pikiran kita.

Tulis lah apa yang kita ketahui atau kuasai. Jangan pernah menulis apa yang tidak kita ketahui dan kuasai. Jangan mau terjebak menulis apa yang orang lain bicarakan atau pikirkan. Kalau itu kita lakukan, jangan harap tulisan kita bisa selesai seperti yang diharapkan. Dengan kata lain, tulislah tema yang kita miliki, masalah yang kita alami atau apa yang kita rasakan.

KEDUA, kebuntuan atau kemacetan dalam menulis sering disebabkan karena kurangnya penguasaan tema yang ingin ditulis. Banyak orang tertarek menulis hal-hal yang ramai dibicarakan orang pada hal dia menguasainya, tidak mengalaminya atau merasakannya.

Kalaupun tidak mengalami kemacetan atau kebuntuan dalam menulis seperti itu – tulisan yang ditulis tidak jauh beda dengan yang dibicarakan oleh orang lain. Tidak ada hal baru yang ditulis. Perspektif yang beda tidak muncul. Yang terjadi adalah pengulangan atau daur ulang tulisan.

KETIGA, penyebab kemacetan yang lain –menulis sambil mengedit. Kita sering tidak sadar sering memenulis sambil mengedit. Pada hal menulis dan mengedit itu sesungguhnya pekerjaan yang berbeda. Menulis itu mengeluarkan dan mengungkapkan sedangkan mengeditnya itu memolesnya agar tulisan enak dan mudah dipahami oleh pembaca. Mestinya pekerjaan mengedit dilakukan kalau semua hal yang ingin ditulis sudah habis dikeluarkan.

Bagi penulis pemula, hal ini sering dilakukan sehingga mengalami kemacetan menulis ditengah jalan. Ketika mulai menulis ia sibuk memoles bukan malah mengeluarkan apa yang ingin diungkapkan sempai habis hingga tidak ada yang tersisa.

Ia tidak sadar sedang menyibukkan mengganti, terus mengganti dengan kalimat yang dianggap kurang pas. Begitu seterusnya berulang-ulang sampai ia mengalami kelelahan secara fisik dan pikiran untuk mengganti dengan susunan kalimat yang dinilai kurang pas.

Hal-hal inilah yang ternyata kurang kita sadari ketika memulai atau meneruskan tulisan sehingga kita sering mengalami kemacetan, kebuntuan dalam menguraikan pikiran atau ide kita dalam bentuk tulisan yang panjang serta berisi sesuai yang kita harapkan.

Moga penjelasan ini bisa memberikan solusi agar kita terhindar dari penyakit kebuntuan dan kemacetan dalam menulis. Bukankah menulis apa yang kita pikir dan rasakan bisa mengeluarkan dan membebaskan diri kita dari tumpukan pikiran yang terus menggunung setiap hari.**

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejadian Mestakung Yang Saya Alami

Taman Bunga, Sembalun, Lombok Timur Bagi sebagian orang, apa yang saya alami ini mungkin hal biasa. Lumrah terjadi, sering kita alami dan pernah dialami oleh banyak orang. Saking biasanya, kita tidak tahu bagaimana kejadian itu bisa terjadi. Kita menganggapnya itu kebetulan. Sedang beruntung saja. Pada hal itu bisa dijelaskan secara ilmiah bagaimana Mestakung bekerja. Belakangan saya baru sadar, ternyata banyak kejadian dalam hidup kita bagian dari Mestakung. Beberapa waktu yang lalu saya jatuh sakit sekitar dua bulan lebih. Badan saya lemas, was-was dan tidak konsentrasi. Setelah itu tiba-tiba badan, pinggang, lutut dan pergelangan tangan ikut-ikutan sakit. Sampai ngilu-ngilu. Selera makan jadi tiba-tiba hilang. Beberapa obat tradisional sudah saya coba tapi hasilnya tidak menunjukkan perubahan. Saya pun memutuskan untuk berobat disebuah rumah sakit swasta di Mataram. Siangnya saya minta kepada adek ipar yang bekerja dirumah sakit tersebut untuk mendaftarkan kedokter bagian da

Buah Bile

Penulis bersama seorang teman dengan latar buah bile dihalaman Hotel Mina Tanjung, Lombok Utara. SUDAH lama tidak melihat pohon bile yang berbuah lebat dan besar. Sekarang pohonnya mulai langka, apa lagi yang berbuah besar seperti ini. Bersyukur bisa melihat lagi pohon ini di Mina Tanjung Hotel, KLU. Buah (buaq, Sasak) pohon ini sering kita pakai bermain dulu waktu kecil dikebun dan disawah. Kadang kita tendang-tendang seperti bola. Pohonnya sering kita pakai membuat gasing. Kalau musim gasing, kita sering keliling sawah dan kebun untuk mencari pohon bile yang ukurannya pas untuk membuat gasing. Kita sampai nekad mencuri pohon milik orang yang tumbuh jadi pagar sawah atau kebun orang demi mendapatkan bahan untuk membuat gasing yang bagus. Pohon atau rantingnya bagus jadi bahan membuat gasing karena seratnya bagus dan tidak ada 'hati' seperti pohon yang lain. Di kampung saya Lombok Timur belum pernah saya lihat atau dengar orang memakan buah bile. Tapi didaerah lain di Lomb

Legit dan Gurih Pelemeng Campur Poteng

Pelemeng dan Poteng, pasangan serasi untuk disantap bersamaan dikala silaturrahmi hari Lebaran SETIAP kampung di Lombok punya jajan khas yang dibuat khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Desa Aikmel, Lombok Timur misalnya – beberapa hari menjelang lebaran, kaum ibu sudah sibuk menyiapkan beraneka jenis makanan dan jajan yang akan disajikan pada hari istimewa. Di antara jajan yang selalu ada disebut Pelemeng dan Poteng. Bila datang bersilaturrahmi kewarga - Pelemeng dan Poteng yang terdepan untuk disuguhkan. Pelemeng yang terbuat dari ketan rasanya gurih dan kenyal sedangkan Poteng terasa manis dan berair. Saat dimakan, akan bertemu rasa gurih dan manis dimulut. Dua jenis jajan tradisional masyarakat Sasak ini cukup mengenyangkan kalau dimakan.   Pelemeng terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Membuat Pelemeng, daun pisang yang dipakai sengaja dipilih yang ukuran diameternya besar dan panjang. Daun pisang dijemur terlebih dahulu sebelum dibentuk supaya ti