Langsung ke konten utama

Sedia Dana Sebelum Berobat

proteksikesehatan,danaberobat,sediadana,asuransikesehatan
sumber : www.waspada.co.id

Saya pernah menawarkan seorang teman untuk ikut program asuransi. Saya tidak perlu menyebut namnya. Yang jelas teman itu seorang pedagang di Jalan Pemuda, samping lapangan Atletik, Gomong, Mataram. Teman itu menjual nasi goreng dan mie ayam yang menurut saya cukup enak. Saya mengatakan enak bukan karena ingin membesar-besarkan, tapi memang cocok dengan selera lidah saya.

Setelah ngobrol lama ternyata teman itu belajar masak ketika dulu masih kuliah di IAIN. Ia bekerja sebagai pembantu diwarung orang Jawa yang buka di Mataram. Kebetulan juga dia seorang perantau yang juga berasal dari Jawa. Dari sana, ia mulai akrab dengan berbagai jenis masakan. Lama-lama ia menjadi mahir dan tahu cara meracik masakan yang enak.

Berangkat dengan kemampuan memasak itulah, ia memberanikan diri membuka warung sendiri. Hasil masakannya juga cukup enak makanya dagangannya menjadi laris. Buktinya, ia buka jam 4 sore, jam 9 malam dagangannya sudah habis. Beberapa kali saya perhatikan, para terus datang bergantian. Tak sedikit yang terlihat kecewa karena pergi dengan tangan kosong berhubung mie ayam yang dicari sudah ludes.

Nah bagi pebisnis asuransi, seorang pedagang yang setiap hari melihat uang merupakan calon prospek yang sangat potensial untuk didekati. Saya pun melakukan hal itu. Saya sengaja datang untuk makan nasi goreng menjelang warungnya mau nutup supaya bisa ngobrol lama denganny.

Selain itu seorang pedagang itu sangat penting menginvestasikan pendapatannya dalam bentuk asuransi supaya kalau terjadi sakit, kecelakaan bahkan kematian tidak menghentikan roda bisnis. Karena perusahaan akan menanggung biaya perawatan, memberikan santunan kecelakaan bahkan kematian kepada setiap nasabahnya. Apa lagi bisnis juga bisa turun naik.

Teman itu mengatakan dalam semalam omsetnya rata-rata mencapai 500 ribu rupiah. Menurut saya, omset 500 ribu semalam itu sudah cukup besar. Apa lagi modal yang dikeluarkan untuk belanja harian untuk membuat nasi goreng dan mie ayam tidak sampai sebesar itu. Keuntungannya malah dua kali lipat. Dan dalam sehari, ia hanya bekerja sekitar 5-6 jam.

Saya lalu menawarkan ikut program asuransi yang saya ikuti. Ketika saya jelaskan manfaat asuransi, ia nampaknya tertarek. Ia lalu meminta saya datang kekostnya dua hari berikutnya. Dikosnya saya juga tak lupa membuatkan ilustrasi akan manfaat dan pertumbuhan uang yang ia tabung selama 10 tahun. Setelah itu ia izin masuk dan mau diskusi dengan istrinya, apa jadi beli atau tidak.

Melihat respon dan sikapnya ketika saya menjelaskan tentang asuransi, saya sudah berharap ia akan membeli. Karena ketika saya jelaskan, ia kerap bertanya akan apa yang saya jelaskan. Itu menunjukkan orang mulai sadar akan pentingnya asuransi. Tapi ternyata saya salah, setelah keluar dari dalam rumah teman itu mengatakan belum sanggup membeli. Pengahsilannya masih kecil dan ia sudah meminjam uang 2 juta dibank yang harus dicicil setiap bulan. Saya tentu memaklumi keadaannya.


sedia,danakesehatan,proteksikesehatan,asuransi
sumber : www.waspada.co.id

Selang beberapa bulan setelah itu saya tiba-tiba kepingin makan diwarungnya. Setelah sampai disitu ternyata warungnya tidak buka. Saya pun mencari tempat makan yang lain. Seminggu setelah itu saya kembali lewat disana, maksudnya juga ingin mampir makan. Ketiga kalinya lewat disana, ia tetap tidak buka. Saya pun lalu kirim sms kepadanya, kenapa tidak pernah buka.

Beberapa saat kemudian ia menjawab sms dan mengabarkan bahwa ia sedang sakit makanya tidak pernah buka. Ia malah sedang menunggu jadwal operasi di RS Beomedika, Mataram. Gusinya yang dulu pernah dioperasi kembali kambuh. Menurut dokter, ada daging tumbuh digusinya itu. Teman itu diminta menunggu karena dokter spesialis yang menangani penyakit seperti itu sedang pulang ke Surabaya.Saya sempat kaget membaca smsnya.

Tiga hari setelah itu saya mengajak istri dan anak saya makan disana. Kebetulan istri saya sangat suka makan mie ayam. Ketika bertemu itulah saya mengatakan kepada teman itu, sayang sekali seandainya saja ia mau membeli program asuransi yang saya tawarkan dulu, ia sekarang tidak perlu repot memikirkan biaya operasi. Semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan. Mendegar itu, teman itu hanya diam.

Dari pengalaman diatas, kita bisa mengambil pelajaran hidup yang sangat berharga. Bahwa semua orang harus memiliki dana proteksi kesehatan bila tidak ingin susah dikemudian hari. Apa lagi bagi orang yang bekerja setiap hari banting tulang mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita tidak tahu, sakit atau musibah bisa datang kapan saja menimpa kita. Untuk itu perlu direncanakan program asuransi yang bisa mengcover kesehatan kita secara jangka panjang.

Bila sakit datang tapi tidak punya program asuransi kesehatan, maka uang tabungan akan terkuras untuk berobat. Kalau tidak cukup, harta yang berharga akan dijual untuk menanggulangi biaya berobat. Apa lagi biaya rumah sakit dan obat tidak ada yang murah. Kalau sudah begitu, semua orang akan repot mengurus kita. Bukankah kalau sakit, penghasilan juga akan terhenti karena tidak bisa bekerja. Tapi kalau sudah punya program asuransi, beban yang ditanggung oleh keluarga akan lebih ringan karena segala macam biaya berobat akan ditanggung oleh asuransi.

Selain itu kalau pun orang yang memiliki polis asuransi tidak pernah sakit (itu harapan semua orang) uang yang ditabung bisa diambil bila hasil investasinya sudah berkembang. Itulah makanya disebut asuransi unit link – jenis asuransi yang punya dua manfaat sekaligus berupa dana proteksi kesehatan dan investasi. Siapa yang tidak ingin seperti itu. Berobat dirumah sakit dibayari, uangnya juga tidak akan hilang karena akan dikelola oleh perusahaan dalam bentuk investasi.

Jadi asuransi itu mengajak kita merencanakan tujuan keuangan secara jangka panjang sehingga tercapai tujuan keuangan yang kita inginkan. Asuransi juga mengajarkan orang untuk disiplin menabung. Mengajak untuk menyediakan dana sebelum berobat atau sedia dana sebelum sakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejadian Mestakung Yang Saya Alami

Taman Bunga, Sembalun, Lombok Timur Bagi sebagian orang, apa yang saya alami ini mungkin hal biasa. Lumrah terjadi, sering kita alami dan pernah dialami oleh banyak orang. Saking biasanya, kita tidak tahu bagaimana kejadian itu bisa terjadi. Kita menganggapnya itu kebetulan. Sedang beruntung saja. Pada hal itu bisa dijelaskan secara ilmiah bagaimana Mestakung bekerja. Belakangan saya baru sadar, ternyata banyak kejadian dalam hidup kita bagian dari Mestakung. Beberapa waktu yang lalu saya jatuh sakit sekitar dua bulan lebih. Badan saya lemas, was-was dan tidak konsentrasi. Setelah itu tiba-tiba badan, pinggang, lutut dan pergelangan tangan ikut-ikutan sakit. Sampai ngilu-ngilu. Selera makan jadi tiba-tiba hilang. Beberapa obat tradisional sudah saya coba tapi hasilnya tidak menunjukkan perubahan. Saya pun memutuskan untuk berobat disebuah rumah sakit swasta di Mataram. Siangnya saya minta kepada adek ipar yang bekerja dirumah sakit tersebut untuk mendaftarkan kedokter bagian da

Buah Bile

Penulis bersama seorang teman dengan latar buah bile dihalaman Hotel Mina Tanjung, Lombok Utara. SUDAH lama tidak melihat pohon bile yang berbuah lebat dan besar. Sekarang pohonnya mulai langka, apa lagi yang berbuah besar seperti ini. Bersyukur bisa melihat lagi pohon ini di Mina Tanjung Hotel, KLU. Buah (buaq, Sasak) pohon ini sering kita pakai bermain dulu waktu kecil dikebun dan disawah. Kadang kita tendang-tendang seperti bola. Pohonnya sering kita pakai membuat gasing. Kalau musim gasing, kita sering keliling sawah dan kebun untuk mencari pohon bile yang ukurannya pas untuk membuat gasing. Kita sampai nekad mencuri pohon milik orang yang tumbuh jadi pagar sawah atau kebun orang demi mendapatkan bahan untuk membuat gasing yang bagus. Pohon atau rantingnya bagus jadi bahan membuat gasing karena seratnya bagus dan tidak ada 'hati' seperti pohon yang lain. Di kampung saya Lombok Timur belum pernah saya lihat atau dengar orang memakan buah bile. Tapi didaerah lain di Lomb

Legit dan Gurih Pelemeng Campur Poteng

Pelemeng dan Poteng, pasangan serasi untuk disantap bersamaan dikala silaturrahmi hari Lebaran SETIAP kampung di Lombok punya jajan khas yang dibuat khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Desa Aikmel, Lombok Timur misalnya – beberapa hari menjelang lebaran, kaum ibu sudah sibuk menyiapkan beraneka jenis makanan dan jajan yang akan disajikan pada hari istimewa. Di antara jajan yang selalu ada disebut Pelemeng dan Poteng. Bila datang bersilaturrahmi kewarga - Pelemeng dan Poteng yang terdepan untuk disuguhkan. Pelemeng yang terbuat dari ketan rasanya gurih dan kenyal sedangkan Poteng terasa manis dan berair. Saat dimakan, akan bertemu rasa gurih dan manis dimulut. Dua jenis jajan tradisional masyarakat Sasak ini cukup mengenyangkan kalau dimakan.   Pelemeng terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Membuat Pelemeng, daun pisang yang dipakai sengaja dipilih yang ukuran diameternya besar dan panjang. Daun pisang dijemur terlebih dahulu sebelum dibentuk supaya ti